Nulisssss yuhuuuuu \=d/

12.15

Kata siapa menulis itu susah sih? Padahal dari awal kita sekolah kita diajarkan untuk menulis. Seharusnya kita sudah terbiasa menulis dong. Iya kan iyaa dong.Well kali ini saya mau ngasih tips and trik biar menulis bisa jadi hobi. Sebelumnya biar makin tambah semangat buat nulis kita harus tahu manfaat menulis itu seperti apa.

Ada yang tahu manfaat menulis itu seperti apa? Menulis itu kayak manfaat selain bisa di jadikan terapi atau healing, menulis juga mempunyai efek menenangkan. Kenapa bisa menenangkan, karena menulis bisa menjadi sugesti kedalam alam bawah sadar kita. Coba tiap hari tuliskan syukur kita atas nikmat Allah yang tiada terhingga. Pasti kerasa deh.

Ahh manfaatnya cuma itu aja? Nggk asik. Eitss jangan dulu komentar ada manfaat lain juga yaitu menulis bisa meningkatkan kreatifitas dan kinerja otak. Orang yang pintar menulis selalu identik dengan otak yang cerdas loh. Liat deh di sekitar kita bagaimana mereka-mereka yang terbiasa menulis, mereka akan terlihat lebih cerdas. Masih nggak  mau buat nulis nih???

Lalu gimana kalau sudah punya keinginan dan hobi menulis tapi untuk memulainya susah sekali? Intinya jangan banyak alasan, yuks bikin kebiasaan yang baik. Salah satunya kebiasaan menulis. Bisa karena terbiasa. Jangan bilang tidak bisa kalau belum mencoba. Nulis status berparagraf-paragraf aja bisa hehhe.

Aku moody orangnya, kalau nulis semaunya gimana dong? Sedih nulis, kesal nulis, marah nulis, bahagia nulis, terus moodynya dimana? Moody itu berarti bukan alasankan yaah hehe
Susah dapet ide? Coba deh liat dan perhatikan yang membuat kamu menarik. Bahkan ngeliat gelas di atas meja bisa jadi inspirasi untuk menulis. Nggak keren gimana tuh otak kita. Tinggal kita aja memaksimalkan yang ada.

Suka writerblock. Penyakit orang yang nulis emang kayak gini. Semua pasti pernah mengalaminya bahkan seorang penulis yang udah mengeluarkan banyak buku. Jangan paksa untuk menulis, istirahatkan dulu saja. Bisa jalan-jalan atau sekedar minum teh di sore hari di temani musik jazz yang mengalun indah. Untuk meminimalisir writerblock ini kalian bisa membuat konsep tulisan terlebih dahulu. Apa aja yang ingin di tulis. Tujuan tulisannya ingin seperti apa. Ini sudah dibuktikan sama saya. Apalagi kalau nulis artikel atau apapun yang mengharuskan membuat tulisan yang agak panjang. Intinya konsep ini bisa dibikin biar tulisan tidak menoton atau bahkan terkesan garing *kriuk*.

Masih beralasan untuk tidak mau menulis? Yang pasti kalian jangan takut ketika banyak orang berkomentar dengan tulisan kalian yang terkesan biasa-biasa aja. Tenang. Semakin kalian banyak menulis kualitas tulisan kalian juga akan semakin baik dan baik lagi. Apalagi jika kalian barengi dengan membaca berbagai macam buku selain menambah kosa kata membaca buku juga dapat menumbuhkan ide yang luar biasa.

Kalau dengerin lagu bisa nambah kosa kata nggak sih? Bisa banget dong. Hanya saja lirik lagu punya keterbatasan kosa kata alias sedikit. Tapi ada kok beberapa lirik lagu yang kosa katanya bagus banget, Sabda Rindu dari Glenn Fredly misalnya. Kalau kalian yang suka nulis puisi bisa di ubah jadi lirik lagu seperti itu.

Yang nulis hobi nulis nggk sih? Hobi banget. Hanya tulisannya gitu-gitu aja, belum naik tingkat. Dalam usaha naik tingkat. Yuks menulis.

Dhita Aristiariny 
Punya hobi menulis? Mulailah menulis saat ini juga, biarkan waktu yang menaikkan kualitas menulismu. Chayooo
Hari ke-21 #30DWC

You Might Also Like

4 komentar

  1. Tulisan yang menginspirasi saya, apalagi tipsnya. Dikemas dengan bahasa yang kawula muda banget tapi tetap santun, hehe.. Semangat selalu!
    #Salam 30DWC

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kaka, Alhamdulillah. semoga bermanfaat^^

      Hapus